PLPG 2017 - Akuntansi


Peserta: 900 Orang  GRATIS  Pendaftaran: Dibuka 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Akuntansi. Terdiri dari 21 Bab pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


Bab I : Persamaan Dasar Akuntansi

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang tahapan siklus akuntansi dan menganalisis  persamaan dasar akuntansi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan

BAB II SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menerapkan prinsip dan prosedur pencatatan transaksi keuangan pada perusahaan jasa. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB III AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menerapkan prinsip dan prosedur pencatatan transaksi keuangan perusahaan dagang. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IV SIKLUS AKUNTANSI SEDERHANA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menerapkan prinsip dan prosedur pencatatan transaksi keuangan perusahaan manufaktur. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB V SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Pada bab ini  Anda belajar tentang bagaimana menerapkan prinsip dan prosedur pencatatan transaksi keuangan perusahaan manufaktur. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VI AKUNTANSI BAHAN BAKU

Pada bab ini Anda akan belajar bagaimana akuntansi bahan baku khusunya berkenaan dengan pembelian dan pemakaian bahan baku.Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII AKUNTANSI BIAYA TENAGA KERJA

Pada bab ini Anda akan belajar tentang akuntansi biaya tenaga kerja yang dimulai dari perhitungan gaji dan upah, alokasi gaji dan upah, dan pemasukkan biaya tenaga kerja ke akun Barang Dalam Proses-Biaya Tenaga Kerja. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII AKUNTANSI BIAYA OVERHEAD PABRIK

Pada bab ini Anda akan belajar bagaimana mengumpulkan Biaya Overhead Pabrik mengalokasikan ke produk dan sekaligus membuat jurnal yang diperlukan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB IX METODE HARGA POKOK PESANAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menganalisis transaksi pengumpulan biaya produksi dengan metode harga pokok pesanan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB X METODE HARGA POKOK PROSES BAGIAN I

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang metode harga pokok proses. Metode ini digunakan oleh perusahaan yang memproduksi barang standard yang tidak didasarkan pada pesanan. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XI METODE HARGA POKOK PROSES II

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana memperlakukan persediaan awal barang dalam proses dalam metode harga pokok proses dengan teknik rata-rata tertimbang dan FIFO. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XII AKUNTANSI KAS

Pada bab ini Anda belajar tentang bagaimana membandingkan perbedaan pengelolaan kas kecil dengan berbagai metode. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIII REKONSILIASI KAS DAN BANK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang menganalisis rekonsiliasi bank. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIV AKUNTANSI PIUTANG

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menganalisis perubahan Piutang menjadi Piutang Wesel. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XV AKUNTANSI WESEL TAGIH

Dalam bab ini peserta akan belajar tentang bagaimana menganalisis perubahan Piutang menjadi Piutang Wesel. Unduh dan baca bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB XVI AKUNTANSI HUTANG JANGKA PENDEK

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menerapkan Pengelolaan Hutang Jangka Pendek. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XVII AKUNTANSI PERSEDIAAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menerapkan proses pencatatan persediaan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XVIII AKUNTANSI ASET TETAP

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menerapkan berbagai metode penyusutan aset tetap. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XIX AKUNTANSI ASET TETAP TIDAK BERWUJUD

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana menganalisis harga perolehan aset tetap tidak berujud serta amortisasi dari aset tetap tidak berwujud. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XX AKUNTANSI HUTANG JANGKA PANJANG

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana mengidentifikasi transaksi utang jangka panjang. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB XXI AKUNTANSI PERPAJAKAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang bagaimana cara menghitung Pajak Penghasilan baik perorangan maupun badan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.