PLPG 2017 - ADMINISTRASI PERKANTORAN


Peserta: 3167 Orang  GRATIS  Pendaftaran: Dibuka 


Kelas online ini berisikan materi pembelajaran Administrasi Perkantoran. Terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK.


Materi Pelajaran


BAB-1-PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang pengelompokkan ruang lingkup administrasi perkantoran, karakteristik pekerjaan kantor dalam organisasi, azas-azas administrasi perkantoran, struktur organisasi kantor, unsur-unsur komunikasi kantor, etika komunikasi kantor, keefektifan komunikasi kantor, azas-azas tata ruang kantor, tata ruang kantor, fasilitas kantor dan penerapan prinsip ergonomi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB-2-OTOMASI PERKANTORAN

Dalam bab ini Anda akan belajar tentang Mengoperasikan menu surat masal pada aplikasi pengolah kata, Mengedit dokumen menggunakan track changes pada aplikasi pengolah kata, Mengoperasikan menu pembuatan tabel pada aplikasi spread sheet, Mengoperasikan menu pengolahan data dan grafik pada aplikasi spread sheet, Mengoperasikan menu desain slide presentasi pada aplikasi presentasi, Mencetak slide presentasi dengan format handout, Mendeskripsikan manfaat internet untuk pekerjaan kantor, Melakukan prosedur pembuatan blog, Melakukan prosedur mengirim email, Melakukan prosedur menerima email dan Melakukan prosedur men-download file dari internet. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang ada.

BAB-3-KORESPONDENSI

Dalam bab ini kita akan belajar mengenam mengidentifikasi bagian-bagian surat, membedakan bentuk-bentuk surat, mengevaluasi isi surat, membuat surat penawaran, membuat surat pengaduan dan menyusun kalimat surat penawaran dalam bahasa Inggris. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang ada.

BAB-4-KEARSIPAN

Dalam bab ini kita akan mempelajari mengenai bagaimana melakukan prosedur penanganan surat masuk, melakukan prosedur penanganan surat keluar, mengklasifikasi jenis arsip, menganalisis tujuan pengelolaan arsip, mengenal peraturan perundangan tentang kearsipan, menemukan masalah kearsipan, memecahkan masalah kearsipan, mengidentifikasi persyaratan arsiparis, memilih sistem penyimpanan arsip sesuai kebutuhan kantor, memilih alat dan bahan kearsipan yang sesuai kebutuhan kantor, membedakan prosedur pengurusan surat biasa, rahasia, dan sangat rahasia, melakukan pemeliharaan arsip, menghitung angka pemakaian arsip, mengenal peralatan digitalisasi arsip, melakukan prosedur digitalisasi arsip.Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang ada.

BAB-5-KEPEGAWAIAN

Dalam bab ini kita akan mempelajari mengenai bagaimana melakukan analisis jabatan, mengidentifikasi pangkat dan jabatan pegawai, mengenali unsur-unsur DP3, membedakan jenis-jenis cuti pegawai, mengidentifikasi jenis-jenis diklat pegawai negeri sipil, mengenal peraturan perndangan tentang kepegawaian, membedakan jenis-jenis pemberhentian pegawai, membedakan hak dan kewajiban pegawai. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan mengerjakan latihan soal yang ada.

BAB-6- ADMINISTRASI KEUANGAN

Dalam bab ini kita akan mempelajarai tentang mengelola kas kecil, pencatatan penerimaan keuangan, pertanggungjawaban keuangan, laporan keuangan, prosedur penggajian dan pengupahan. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB-7-HUMAS DAN KEPROTOKOLAN

Dalam bab ini kita akan mempelajari mengenai mendiskripsikan fungsi humas, mendiskripsikan kegiatan humas, menyelenggarakan pertemuan, menyusun notula rapat, melaksanakan kegiatan protokoler, mengurus dokumen perjalanan dinas.Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB-8-SARANA DAN PRASARANA

Dalam bab ini kita akan mempelajari bagaimana mengidentifikasi sarana dan prasarana kantor, melakukan prosedur pengadaan sarana dan prasarana, melakukan prosedur pemeliharaan sarana dan prasarana, melakukan prosedur penghapusan sarana dan prasarana. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

DAFTAR PUSTAKA

Dalam halaman ini berisikan daftar pustaka dari modul Administrasi Perkantoran.