PLPG 2017 - EKONOMI


Peserta: 60 Orang  GRATIS  Pendaftaran: Ditutup 


Sumber belajar online ini berisikan materi pembelajaran Ekonomi. Terdiri dari 9 pokok bahasan, berupa bacaan dan latihan ujian online. Dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan LPTK


Materi Pelajaran


BAB I KEBUTUHAN MANUSIA, KELANGKAAN, DAN SISTEM EKONOMI

Dalam Bab ini peserta akan belajar mengidentifikasi jenis kebutuhan ditinjau dari intensitasnya dan mengidentifikasi perbedaan  permasalahan perekonomian modern dan tradisional. unduh dan baca bahan bacaan yang ada lalu ukur pengetahuan anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB II KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

Bab ini peserta akan belajar mendiskripsikan diagram hubungan RTK dengan RTP melalui membaca diagram mendiskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan anda dengan soal yang disediakan.

BAB III ANALISIS PERMINTAAN DAN PENAWARAN HARGA KESEIMBANGAN DAN PASAR

Bab ini peserta akan belajar mengidentifikasi faktor faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan, mendiskripsikan pengertian ceteris paribus, menetukan titik keseimbangan pasar yang baru dengan disajikan gambar pergeseran kurva permintaan, mengidentikasi ciri dari pasar faktor produksi, disajikan data koefisien elastisitas harga, peserta dapat menginterpretasikan maknanya dengan tepat, Mengidentifikasi perbedaan risiko saham dan obligasi dengan disajikan cirri-ciri surat berharga di pasar.

BAB IV PENDAPATAN NASIONAL

Bab ini peserta akan belajar tentang mendiskripsikan tujuan pembengunan ekonomi negara sedang berkembang, disajikan data pendapatan nasional peserta dapat menghitung  besarnya pendapatan nasional dengan metode pengeluaran, disajikan data pendapatan masyarakat di dalam dan di luar negeri, peserta dapat menghitung besarnya GDP, disajikan sebuah fungsi pendapatan nasional, peserta dapat menentukan besarnya tabungan masyarakat, menentukan faktor eksternal  yang  sangat mempengaruhi investasi. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada kemudian ukur pengetahuan anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB V KESEMPATAN KERJA

Bab ini peserta akan belajar menjelaskan penyebab terjadinya pengangguran musiman. Unduh dan baca bahan bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB VI UANG DAN PERBANKAN

Bab ini peserta akan belajar mengidentifikasi fungsi uang berdasarkan deskripsi penggunaan uang dalam perekonomian, mengidentifikasi  dengan tepat cara-cara mengatasi inflasi yang ditempuh BI, menganalisis kebijakan politik pasar terbuka, mendiskripsikan peranan bank sentral sebagai bankers bank, diinformasikan kasus kondisi perekonomian, peserta dapat menentukan secara tepat pengambilan kebijakan diskonto oleh BI.Menjelaskan dengan tepat sistem pemungutan PPh yang progresif. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VII PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Bab ini peserta akan belajar menghitung keuntungan berjual beli mata uang dolar jika diketahui kurs beli dan kurs jual, disajikan data perbandingan kemampuan produksi dua barang di dua negara, peserta dapat menganalisis suatu negara ekspor atau impor, menghitung keuntungan berjual beli mata uang dolar jika diketahui kurs beli dan kurs jual, disajikan data perbandingan kemampuan produksi dua barang di dua negara, peserta dapat menganalisis suatu negara ekspor atau impor, menganalisis dampak diimplementasikannya MEA terhadap produk dalam negeri yang memiliki daya saing tinggi, menganalisis dampak diimplementasikannya MEA terhadap produk dalam negeri yang memiliki daya saing tinggi. Bacalah materi bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan mengerjakan latihan soal yang disediakan.

BAB VIII MANAJEMEN

Bab ini peserta belajar contoh hubungan kerja antara atasan dan bawahan sehingga peserta  dapat menganalisis fungsi manajemen, memberi contoh implementasi dari fungsi manajemen, membedakan peran dari manajemen keuangan, personalia, produksi, dan manajemen pemasaran, memberikan contoh implementasi prinsip koperasi dalam pengelolaan koperasi. unduh dan baca bahan bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal latihan yang disediakan.

BAB IX AKUNTANSI

Bab ini peserta akan belajar mengidentifikasi kegunaan informasi keuangan bagi perusahaan, mengidentifikasi jenis akuntansi berdasarkan fungsinya, mengidentifikasi elemen laporan keuangan, mengidentifikasi ciri akuntansi perusahaan dagang, mengidentifikasi komponen pembentuk harga pokok pembelian dan harga pokok penjualan, menghitung harga pokok pembelian dan harga pokok penjualan, menghitung laba kotor pada perusahaan dagang, menghitung laba bersih pada perusahaan dagang, memahami siklus akuntansi perusahaan dagang.unduh dan baca bahan bacaan yang ada, kemudian ukur pengetahuan Anda dengan soal yang disediakan.